MONPERA.ID, Palembang – Pimpinan Pusat Ombudsman Republik Indonesia, Johannes Widjiantoro, menilai Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, cepat merespon pelayanan publik, dalam menindaklanjuti laporan masyarakat. Hal itu terungkap saat kunjungan kerjanya ke Kantor Gubernur Sumatera Selatan,Senin (8/9/2025).
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan, dalam pertemuan tersebut berbagai langkah konkret yang dibahas salah satunya dalam memperkuat akuntabilitas birokrasi dan juga meningkatkan kualitas terhadap layanan publik di Sumatera Selatan. Karena, pelayanan publik yang transparan merupakan hak seluruh warga.
‘Kami ingin pastikan pelayanan bebas maladministrasi dan bisa diakses mudah oleh masyarakat,” katanya.
Dimana, reformasi birokrasi di Sumatera Selatan terus berjalan dengan dukungan berbagai program. Ditambah lagi, dengan adanya evaluasi dari Ombudsman yang menambah instrumen penting untuk memperbaiki kelemahan sistem yang masih ada, tegasnya.
Bahkan, dengan adanya pengawasan publik yang transparan, tentunya dapat meningkatkan kualitas hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. Karena, kepercayaan masyarakat tersebut merupakan modal utama dalam keberhasilan pembangunan, bebernya.
Sementara, Pimpinan Pusat Ombudsman Republik Indonesia, Johannes Widjiantoro, mengungkapkan, langkah yang sudah diambil oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, tentunya patut diapresiasi. Karena, setiap laporan yang masuk dari masyarakat penanganannya selalu dilakukan dengan serius, sehingga meningkatkan kepercayaan di mata publik.
“Itikad baik yang ditunjukan Pemda Sumsel,untuk perbaiki sistem pelayanan, patut jadi contoh bagi daerah lain,” ungkapnya.
Karena, dalam hal ini partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan tata kelola yang bersih. Untuk itu,Ombudsman siap untuk memfasilitasi edukasi dan sosialisasi agar masyarakat lebih aktif lagi melapor.
“Kami ingin kunjungan ini menghasilkan tindaklanjut nyata, mulai dari forum diskusi publik hingga program bersama dengan pemerintah daerah,” pungkasnya.
Dalam pertemuan tersebut, selain dihadiri Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dan Pimpinan Pusat Ombudsman Republik Indonesia, Johannes Widjiantoro. Tampak juga hadir Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumsel, M Adrian Agustiansyan serta pejabat terkait lain.


