Dirjen Dukcapil Kemendagri Apresiasi Kinerja Disdukcapil Palembang

MONPERA.ID, Palembang – Dirjen Dukcapil Kemendagri, Dr. Teguh Setyabudi,M.Pd, memberikan apresiasi atas kinerja dan pelayanan yang diberikan Disdukcapil kota Palembang kepada masyarakat Metropolis.

Hal itu diungkapkannya, saat melakukan kunjungan kerja kekantor Disdukcapil kota Palembang, pada Selasa (16/07/2024).

“Kami meminta pihak Disdukcapil kota Palembang untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Saya sangat berterima kasih atas sambutan yang hangat dari seluruh jajaran Disdukcapil Kota Palembang. Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menjalankan fungsi pembinaan dan monitoring terhadap pelaksanaan tugas dan layanan kependudukan di daerah, khususnya di Disdukcapil kota Palembang,” ujar Dr. Teguh Setyabudi,M.Pd, kepada awak media.

Sebagai Dirjen Dukcapil, kata Dr. Teguh Setyabudi,M.Pd, bahwa pihaknya memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan pelayanan administrasi kependudukan dapat berjalan dengan baik dan optimal di seluruh wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana proses layanan kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Palembang, mendengar aspirasi, serta menemukan solusi atas berbagai kendala yang mungkin dihadapi.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi seluruh pegawai Disdukcapil Kota Palembang yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kita semua menyadari bahwa layanan kependudukan merupakan hak dasar yang harus dipenuhi oleh negara. Oleh karena itu, mari kita terus berinovasi dan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan demi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Menurut Dr. Teguh Setyabudi,M.Pd pihaknya juga ingin mengingatkan kembali pentingnya data kependudukan yang akurat dan terpercaya. Data tersebut bukan hanya untuk kepentingan administrasi, tetapi juga menjadi dasar perencanaan pembangunan yang berkelanjutan.

“Mari kita bersama-sama menjaga data kependudukan dan terus berkolaborasi untuk menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel. Dan saya berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, serta menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam melaksanakan tugas-tugas kependudukan dan pencatatan sipil,” ungkapnya.

Sementara Itu, Kepala Disdukcapil kota Palembang, Ir. Dewi Isnaini M.Si, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dirjen Dukcapil disela sela kesibukan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Disdukcapil kota Palembang, menurutnya hal itu menjadi suatu kehormatan bagi Disdukcapil kota Palembang sekaligus memberikan semangat dan suport untuk memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat khususnya warga Palembang

“Kami berusaha untuk terus meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang mengurus Adminduk. Melalui inovasi untuk percepatan dan hadir memenuhi kebutuhan masyarakat misalnya jemput bola ke sekolah ” kia go to scholl”, dan ” ampera cakep” untuk pelayanan bagi penduduk karena keterbatasan fisik dan ekonomi, misalnya penduduk penyandang difabel, penduduk marginal, sakit, lansia, Lembaga permasyarakatan anak, lembaga permasyarakatan wanita dan lembaga pemasyarakatan dewasa. Untuk penduduk non muslim kami juga mengeluarkan inovasi jemput bola akta perkawinan non muslim yang diberi nama ” jempol kawan” .serta telah berkerjasama dengan institusi kesehatan melalui inovasi pacakela terus ” paket cetak akta kerjasama layanan rumah sakit” sehingga setelah ibu melahirkan dan pulang langsung menerima kartu keluarga baru dengan nama bayi ada dalam kartu keluarga, KIA dan Akta kelahiran bayi ,dan beberapa inovasi lainnya untuk memudahkan masyarakat,” pungkasnya.