Sekda Edward : Muba Contoh Nyata Komitmen Pemda Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

MONPERA.ID, Palembang – Pelayanan publik saat ini dirasa sangat penting dilakukan, dalam keterbukaan informasi yang transparan, khususnya untuk pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda), untuk masyarakat. Salah satunya, Mall Pelayanan Publik di Musi Banyuasin, yang menjadi contoh nyata komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Dengan penuh rasa syukur dan bangga. Saya, atas nama Pemprov Sumsel, mengucapkan selamat atas suksesnya pembukaan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Muba,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Edward Candra, Sabtu (4/10/2025).

Menurutnya, karena dengan kualitas pelayanan publik yang baik, pastinya dapat mempermudah bagi masyarakat dalam memperoleh informasi. Seperti di Musi Banyuasin, setidaknya ada 492 jenis layanan dari 27 dinas dan instansi yang berbeda, dengan berbagai jenis layanan.

Diantaranya, Layanan Gratis dan Online  Pembuatan Kartu Kerja AK1 bagi masyarakat, Layanan Kependudukan untuk pembuatan KTP,KK dan Akte Kelahiran, Layanan Perizinan Usaha seperti NIB dan IUMK, Layanan Perpajakan untuk pembayaran PBB, Layanan Kepolisian untuk perpanjangan  SIM maupun SKCK, Layanan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, dan Layanan Imigrasi dalam pembuatan Paspor.

“Nah MPP ini semata mata bertujuan supaya masyarakat mudah mengakses suatu informasi dalam layanan,” tegasnya.

Untuk itu, dengan adanya Mall Pelayanan Publik tersebut, masyarakat diharapkan dapat menikmati kemudahan dan efisiensi mengakses berbagai layanan publik serta meningkatkan transparansi dan kenyamanan bagi masyarakat.

” Sekali lagi MPP di Muba ini bisa jadi contoh bagi semua daerah lain di Sumsel,” pungkasnya seraya juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi mewujudkan MPP ini.